Notification

×

Iklan

Iklan

S. I. G. M. A Method Untuk Mengubah Cerita Hidup Anda

| Agustus 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-10T00:31:06Z
Oleh: Yusdi Lastutiyanto, CHt (IACT-USA).,CI*


_“At any given moment, you have the power to say: this is not how the story is going to end.”_
—Christine Mason Miller, author.


Tegursapanews.com - Potensi:  Tahukah Anda istilah Sigma yang saat ini banyak digunakan oleh Generasi Alpha, yang memiliki arti aura seorang yang dominan, leader atau seseorang yang dipercaya memimpin suatu kelompok. Istilah ini cukup menarik sebagai bahan yang bisa Anda gunakan untuk membangun keakraban dengan Gen Alpha dan juga Gen Z.

Tapi kali ini kita tidak akan bahas tentang istilah Sigma yang digunakan oleh generasi Alpha, kita akan bahas arti S.I.G.M.A yang merupakan singkatan dari bagaimana kita mengubah cerita hidup kita.

Sebagai pembelajar Indonesian Hypnosis Centre, konsep afirmasi, sugesti, framing, reframing, hukum tarik-menarik, manifestasi dan memprogram ulang pikiran adalah sesuatu yang kita hadapi setiap hari, entah untuk diri sendiri ataupun orang lain, jadi bahasan kali ini adalah sesuatu yang sudah Anda pelajari.

Jika tulisan ini hadir pada diri Anda saat ini, yakinlah ini bukanlah suatu yang kebetulan, tulisan ini bisa datang sebagai pengingat atau bisa jadi sebagai pencerahan untuk Anda. πŸ˜€

Kita mulai lebih dalam ya!

Percayakah Anda bahwa cara kita berpikir dan memandang dunia mempengaruhi cerita yang kita buat tentang kehidupan kita. Cerita yang kita ciptakan adalah salah satu faktor penting yang dapat membawa perubahan besar dalam hidup kita. Jika Anda ingin mengubah hidup, Anda harus mulai dengan mengubah cerita yang Anda ceritakan kepada diri sendiri. Sebab, apa yang terus kita katakan pada diri sendiri, itulah yang kita percayai!

Seringkali, dalam beberapa aspek kehidupan kita membatasi diri dengan berpikir bahwa kita tidak mampu melakukan sesuatu bahkan mungkin sebelum mencobanya. Keyakinan yang membatasi ini membuat kita bertanya-tanya, "Mengapa harus dicoba, sepertinya tidak mungkin?" atau "Ini pasti tidak akan berhasil, butuh sumber daya banyak untuk memulainya." Ketika kita berpikir seperti ini, kita sudah menolak kemungkinan sukses sebelum mencoba. Hal ini bisa menghentikan kita untuk berkembang dan mencapai keberhasilan.

Jika Anda sering berbicara negatif pada diri sendiri, itu adalah tanda bahwa Anda perlu mengubah cerita Anda. _Self Talk_ negatif mempengaruhi tindakan kita, tujuan kita, dan cara kita menjalani hidup.

Cerita positif tentang diri kita berpotensi membawa kita pada perubahan yang kita inginkan, seperti halnya manifestasi kehidupan yang inginkan terjadi, langkah pertama untuk mengubah cerita hidup Anda adalah berhenti menceritakan hal-hal yang justru meragukan diri sendiri, tentu perlu memperhatikan keselarasan antara keinginan, sumber dan kemampuan.

Sekarang coba lakukan refleksi diri, seberapa sering Anda berkata seperti ini kepada diri sendiri?

• “Hal itu terlalu sulit untuk saya.”
• “Saya sudah terlalu tua.”
• “Saya tidak cukup baik.”

Pemikiran seperti ini bisa menghambat kita mencapai tujuan dan impian kita. Dengan menghadapi pikiran negatif secara langsung dan memperlakukan diri sendiri dengan hal baik, bukan ketakutan, Anda bisa mengubah pola pikir Anda. 

Faktanya cerita yang kita buat tentang diri sendiri mencerminkan siapa kita, apa yang kita percayai dan apa yang kita yakini mempengaruhi konsep diri.

Sekarang kita bahas bagaimana cara mengubah cerita Anda dengan metode S.I.G.M.A.

S - Stop menceritakan cerita yang meragukan diri sendiri.

Langkah pertama dalam mengubah hidup Anda adalah berhenti mengulang cerita yang membatasi diri sendiri. Cerita-cerita ini sering kali penuh dengan pikiran negatif dan keyakinan yang membatasi diri, seperti “Saya tidak cukup baik” atau “Saya terlalu tua.” Ketika Anda berhenti menceritakan cerita yang meragukan diri sendiri, Anda membuka diri pada kemungkinan baru dan potensi pertumbuhan.

- Identifikasi kebiasaan dan pola negatif.

Alih-alih hanya berfokus pada perubahan yang Anda inginkan, periksa kebiasaan buruk yang mungkin menjadi penyebab mengapa Anda sulit berubah atau pelajari kecanduan tersembunyi yang Anda miliki. Misalnya, jika kebiasaan makan larut malam menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan, identifikasi kebiasaan tersebut dan mulailah mencari cara untuk menggantinya dengan kebiasaan yang lebih sehat.

G - Gali kebiasaan baru.

Setelah Anda mengidentifikasi kebiasaan buruk, langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan kebiasaan baru yang positif. Latih kebiasaan baru ini setiap hari dan konsisten, seperti memprogram ulang diri. Dengan menggali dan memperkuat kebiasaan baru ini, Anda dapat menulis ulang cerita Anda dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.

M - Mengukur refleksi diri.

Perubahan yang berarti perlu melakukan refleksi diri yang jujur dan konsisten. Amati perilaku Anda sepanjang hari dan minta pendapat dari orang-orang yang Anda percayai. Dengan mengukur kemajuan Anda melalui refleksi diri, Anda dapat menyesuaikan perilaku Anda dan memastikan bahwa Anda benar-benar bergerak menuju perubahan yang Anda inginkan.

A - Arahkan diri berinteraksi dengan orang-orang yang berpikiran positif.

Lingkungan dan orang-orang di sekitar Anda sangat mempengaruhi kemampuan Anda untuk berubah. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki pola pikir memberdayakan mendukung Anda. Selain itu, berani untuk mengambil risiko di luar zona nyaman Anda. Dengan memulai langkah ini, Anda akan lebih mudah menulis ulang cerita hidup Anda dan mencapai kesuksesan yang Anda impikan.

Catatan kali ini adalah tentang bagaimana seseorang mau mengubah naskah dan narasi hidupnya, Anda dapat melakukannya dengan _self hypnosis_, journaling atau berdiskusi dengan rekan pembelajar Indonesian Hypnosis Centre.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Jakarta, 9 Agustus 2024



PS:
- Tulisan ini adalah kekayaan intelektual, jika Anda ingin membagikan ulang atau menggunakan konsep S.I.G.M.A untuk bahan presentasi, pastikan menyertakan sumbernya.


INFO WORKSHOP LEMBAGA OLAH PIKIR INDONESIA (LOA)

Kelas Master Creative - NLP Online Learning*
Senin s/d Jum'at. 26 - 30 Agustus 2024
Pukul 19.30 - 21.30 WIB.
Info lanjut hubungi  di nomer wa.me/ 0888 3094 867


Editor: Abdul Chalim


I H C

*Instructor NLP Lisensi IHC
×
Berita Terbaru Update