Notification

×

Iklan

Iklan

Semua Profesi Tukang Disebut Sebagai Tokoh 1001 Akal

| Agustus 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-03T07:46:48Z
Tegursapanews.com - Profesi:  Beraneka ragam istilah profesi tukang yang hidup di tengah masyarakat, seperti tukang rekayasa, tukang service, tukang bangunan, tukang fitnah termasuk tukang sampah. Mereka itu adalah warga yang termasuk kreatif dengan sebutan Tokoh Seribu Akal. Profilnya seperti dalam kisah 1001 malam Abu Nawas.

Pada waktu kita masih kecil, pada awal tahun 1960an, kita melihat Tn Sunaryo yang disebut Tukang Sumur di dusun Simpang Agung Merapi Lahat Sumsel. Ratusan warga kampung yang menggunakan jasa dari keahliannya membuat lobang sumur dengan kedalaman sampai belasan meter. Beliau punya beberapa orang murid yang meneruskan profesi yang mulia tersebut, seperti Tn Yahamid yang lahir di Desa Nanjungan.

Selama kita berdomisili di Manggalarang Candi Sidoarjo Jawa Timur. Puluhan tukang yang pernah membantu kita dalam berbagai hal, seperti tukang service tv, kulkas, listrik, pompa air termasuk tukang sol sepatu, tukang vermak pakaian yang sobek. Mereka itu pernah kita sebut sebagai Profil Dewa Penolong, ketika ban kendaraan bermotor warga masyarakat bocor di tengah perjalanan.

Sejak Presiden Jokowi menetapkan status IKN Nusantara dibangun di Sepaku Penajam Paser Utara Kalimantan Timur pada tahun 2020. Sejak saat itu ribuan tenaga tukang yang dibutuhkan oleh pemerintah Indonesia sebagai lapangan kerja baru. Salah satu diantaranya tukang desain Istana Negara Garuda yang super megah Tn Nyoman Nuarta seniman nasional asal Bali.

Selama ini, kita pernah melihat bangunan masjid yang legendaris, antara lain Masjid Agung Demak Jawa Tengah karya Wali Songo pada abad ke 15. Masjid Istiqlal di DKI Jakarta, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi, terakhir kita lihat Masjid al-Jabar karya Gubernur Jawa Barat Tn Ridwan Kamil pada bulan September 2023.

Status tukang itu terbagi dalam tiga kelompok, yaitu tukang yang pro kebajikan seperti tugas para ulama yang jihad dalam fisabilillah. Sebaliknya tukang yang pro kemungkaran seperti tukang judi yang merusak status sosial ekonomi anggota masyarakat. Kemudian tukang yang neutal dalam profesi penyiaran berita, seperti wartawan dan jurnalis media online dan media massa.

Dalam kitab suci al-Quran disebutkan tokoh pertama yang berstatus tukang penyesatan opini di tengah masyarakat yaitu Profil Iblis yang diancam Tuhan dengan siksa neraka. Sedangkan tokoh masyarakat yang berstatus sebagai tukang dakwah yaitu profil ribuan nabi dan rasul di muka bumi sepanjang zaman sampai ke Rasul Global Nabi Muhammad SAW yang lahir di kota Makkah. Barokallah Amien.

Jumat, 02 Agustus 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update