Notification

×

Iklan

Iklan

Sepucuk Asa Bangun Lanud Di Bumi Cenderawasih

| Agustus 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-18T05:11:55Z
Tegursapanews.com - Lanud:  Dalam administrasi garis batas wilayah antara Kabupaten Madiun dan Magetan Jawa Timur, lokasi Landasan Udara Iswahyudi TNI AU di Maospati berada di wilayah Magetan, namun dikenal dengan sebutan Maospati Madiun. Hal tersebut ada kesamaan dengan nama Bandara Internasional Juanda Surabaya yang berada di wilayah Sidoarjo Jawa Timur.

Pekan lalu kita sempat kontak karib kerabat Pn Fatimah Nugraha di Maospati Magetan via messenger karena WA beliau tidak aktif. Beliau lahir di Kota Lahat Sumsel yang pernah studi Islam (santriwati) bersama adik kandungnya Tn Sumanto di Pontren Tebuireng Jombang. Kemudian mereka kuliah di kota Pahlawan Surabaya. Sayang sekali kita tidak bertemu beliau, karena lagi keluyuran ke Yogyakarta.

Pada bulan September 2023 setahun yang lalu ketika kita berada di Daerah Khusus Jakarta. Kita sempat kontak via WA karib kerabat Tn Johni Suparman kelahiran Dusun Simpang Agung Merapi Timur Lahat yang berstatus sebagai anggota TNI AU. Pada saat itu, kita tidak sempat bertemu, karena beliau dapat tugas dari komandan mengantarkan barang dari Jakarta ke Lanud Iswahjoedi Maospati Madiun Magetan Jawa Timur.

Dalam perjalanan usai Salat Subuh dari terminal Maospati ke lokasi awal pendakian ke Gunung Lawu di Cemoro Sewu Magetan. Kita dengarkan penggalan kisah dari driver Travel Tn Abdul Hadi tentang peranan penting Lanud Iswahjoedi Maospati Madiun dalam perang Dunia Kedua dan berbagai perang lainnya, termasuk dalam pembebasan Irian Jaya dari genggaman Hindia Belanda.

Terdapat beberapa Bandara yang dimiliki TNI AU (AURI) di Jawa Timur seperti Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang. Sedangkan Bandara Juanda dimiliki TNI AL (ALRI) yang dulu disebut Bandara Juanda Surabaya dan sekarang sudah ditambahkan kota Sidoarjo oleh pramugari yang bicara kepada para penumpang pesawat terbang beberapa menit sebelum pesawat mendarat dari berbagai bandara di Nusantara dan Mancanegara.

Status Bandara yang kadang disebut Lanud (Landasan Udara) pesawat terbang yang dimiliki TNI AU yang populer Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Status Karib kerabat kita Tn Buyung Arief Hamza yang lahir di Surabaya tetesan darah Puyang al-Basri di Gedung Agung Merapi Lahat Sumsel yang Dinas di Rumah Sehat milik TNI AU Jakarta. Beliau bersama keluarganya berdomisili di kompleks TNI AU di Halim Perdanakusuma sudah beberapa tahun sampai sekarang.

Kemarin waktu kita ngobrol sambil guyonan di atas kendaraan dari terminal Maospati ke Cemoro Sewu Magetan. Kita berharap kepada Presiden Terpilih Tn Prabowo Subianto yang akan dilantik pada Ahad, 20 Oktober 2024 nanti sebagai Presiden RI yang ke-delapan. Sepucuk asa, semoga beliau bisa membangun Lanud TNI AU di Bumi Cenderawasih sebesar Lanud Maospati Madiun Magetan Jawa Timur yang dibangun Hindia Belanda pada tahun 1940. Barokallah Amien.

Ahad, 18 Agustus 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Foto: Tribunnewswiki

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update