Notification

×

Iklan

Iklan

Status Olimpiade, Festival Dan Perlombaan Di Muka Bumi

| Agustus 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-25T22:47:14Z
Tegursapanews.com - Perlombaan: Atas dasar Firman Allah SWT dalam kitab suci al-Quran yang menyatakan bahwa status Nabi Muhammad SAW adalah Rahmatan lil'alamin. Dalam hal ini, kita seringkali menuliskan makna ayat tersebut dengan istilah Rasul Global di dalam buku dan media online selama ini.

Kita memahami tentang status 25 orang nabi dan rasul yang tergores dalam kitab suci al-Quran. Mereka itu diklasifikasikan pada beberapa macam istilah seperti Nabi Musa AS berstatus sebagai Rasul Nasional buat Bani Israil di kerajaan Mesir Kuno Era Raja Firaun, termasuk Nabi Isa al-Masih berstatus sebagai Rasul Nasional di Tanah Palestina.

Dalam sejarah perkembangan Islam di Bumi Pertiwi Indonesia yang 88 persen penduduknya berstatus muslim. Tercatat salah satu ormas Islam terbesar dan terkaya dengan nama Persyarikatan Muhammadiyah yang berdiri pada tahun 1912 di Yogyakarta dengan tokoh pendirinya KH Ahmad Dahlan.

Dalam misi ormas Muhammadiyah kepada warganya selama ini terkenal ungkapan Fastabiqul Khairat. Ungkapan tersebut bermakna semacam ajakan kepada umat Islam agar selalu berlomba lomba dalam berbuat kebajikan di tengah masyarakat.

Ungkapan Fastabiqul Khairat dalam bahasa Inggris disebut Festival yaitu lomba dalam bidang seni budaya, seperti Festival Film. Dalam dunia olahraga disebut dengan istilah Olimpiade dalam kelas dunia, seperti kisah Tn Veddriq Leonardo yang meraih Emas dalam olimpiade Paris Perancis pada 8 Agustus 2024 yang lalu yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Pada saat warga negara merayakan Tahun Baru Indonesia Merdeka seperti pada tahun ini dilakukan ratusan macam lomba di wilayah pedesaan dan perkotaan. Salah satu bentuk lomba tradisional disebut dengan Panjat Pohon Pinang untuk mendapatkan puluhan macam hadiah yang disediakan panitia hari perayaan kemerdekaan NKRI.

Dalam fakta sosial ditemukan, bahwa warga negara yang sukses dalam segala aspek kehidupan di muka bumi. Mereka adalah warga negara yang selalu ikut dalam berbagai macam kompetesi, seperti Profil Presiden Jokowi yang selama 10 tahun berstatus kepala negara. Beliau pernah ikut kompetisi dalam pilkada di Surakarta Jawa Tengah, pilkada di DKI Jakarta dan pilpres pada pemilu tahun 2014 dan 2019.

Demikian pula dalam dunia pendidikan, warga negara yang berstatus sebagai Guru Besar di Perguruan Tinggi dengan gelar akademis Profesor Doktor. Mereka itu melalui berbagai macam bentuk ujian sekolah, dari sekolah dasar ke sekolah lanjutan sampai ujian di kampus dalam program studi S.1, S.2 dan S.3 hingga meraih gelar Dr. (Doktor).

Dalam ajaran agama seperti ajaran Islam, bahwa semua umat manusia yang hidup di muka bumi ini setiap saat dapat ujian dari Tuhan sebagai al-Khaliq. Bentuk ujian hidup tersebut antara lain tentang masalah Iman, Amal Ibadah dan Akhlak.

Dalam ujian hidup tersebut sebagian umat Islam sukses dalam status Husnul Khatimah ketika mereka sudah wafat dengan sebutan Pahlawan. Mereka itu dijanjikan Tuhan sebagai imbalan (hadiah) yaitu hidup di alam ukhrawi dengan menikmati semua fasilitas Surgawi. 

Sedangkan mereka yang gagal dalam ujian dari Tuhan, yaitu selama hidup tanpa iman disebut hamba Allah yang kafir, seperti kelompok faham Agnostik dan Atheisme. Dalam kitab suci al-Quran dijanjikan tempat mereka itu nanti di alam ukhrawi berada di dalam siksa api neraka Jahanam nan abadi. Barokallah Amien.

Ahad, 25 Agustus 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update