Notification

×

Iklan

Iklan

111 Qasus, Qurun 70 Tahun Di Bumi Pertiwi

| September 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-04T04:10:30Z
Tegursapanews.com - Qasus Qisah: Kita pilih kosa kata Qasus dalam Bahasa Arab, bukan tulisan Kasus dalam Bahasa Indonesia. Hal tersebut atas dasar.pemahaman, bahwa kata Qasus adalah jamak dari kata qisah. Maksudnya tentang beraneka ragam kisah hidup yang pernah ditemukan dan dibicarakan banyak orang di tengah masyarakat.

Ketika ditulis kosa kata Kasus dengan huruf K terasa ada perbedaan dengan kosa kata Qasus dengan huruf Q. Misalnya kita baca berita di media online tentang kasus OTT terhadap X di Manado Sulawesi Utara.

Berbeda dengan kalimat seperti qisah (kisah) Nabi Isa Al-Masih waktu dia dilahirkan Bunda Maria di Yerusalem Palestina yang tanpa ayah kandung. Dalam hal ini banyak kosa kata dari bahasa Arab yang menggunakan huruf Q lalu diganti huruf K, antara lain tulisan kata "Akhlak, Kurban, Makhluk, Akad" dan lainnya.

Pagi ini, kita baru saja dapat postingan via WA Group Rubbayuni tentang informasi dari Tn Dahrullah Surya al-Basri di kota Lahat Sumsel. Tadi malam pukul 21.00 WIB telah lahir dengan selamat seorang putri dari Pn Wanda sebagai cucu yang keempat dari Pn Kumala Darul.

Kemudian kita memberi saran kepada keluarga besar di kampung leluhur tentang nama bayi tersebut nama yang bagus bernilai historis agamis nasionalis, yaitu BUNDA MARIA. Pada saat bayi itu lahir Selasa Malam, bangsa Indonesia kedatangan Tamu Agung Paus Fransiskus dari Vatikan Roma Italia. 

Dengan pemberian nama Pn Bunda Maria tersebut terkandung doa yang lengket di dalam dirinya sepanjang hayat, yaitu mohon kepada Allah SWT, supaya profilnya seperti profil Ibu kandung Nabi Isa Al-Masih. Dalam kitab suci al-Quran dijelaskan, bahwa status Siti Maryam termasuk Perempuan Salehah. 

Alkisah dulu kita pernah khutbah Jumat di Masjid Raya An-Nur Sidoarjo Jawa Timur. Waktu itu kita menyampaikan opini kepada ratusan jamaah salat Jumat, bahwa Status Bunda Maria adalah seorang Nabi Perempuan yang mendapatkan hidayah Allah SWT untuk dirinya sendiri. Itulah rumusan dari istilah Nabi yang pernah kita dengar dari ustaz di kampung.

Persis 3 tahun yang lalu, ketika Tn Muhammad Luthfi Anoraga lahir di Simpang Agung Merapi Timur Lahat Sumsel putra kedua Tn Imam Halimi dan Pn Netty pada 09 September 2021. Kita juga pernah memberi saran setangkai nama yang bernilai historis, yaitu TUAN QARUN SEPTINAIN. Maksudnya Tuan, Tahun 21, Qarun, Barokah Covid-19 dan Septinain yaitu Sembilan September. Barokallah Amien. 

Rabu, 04 September 24
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update