Notification

×

Iklan

Iklan

13 (Tiga Belas) Cina: Dari Etnografi Hingga Sosio Ekonomi

| September 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-02T08:45:56Z
Sosio-ekonomi

Tegursapanews.com - Sosio-ekonomi: Menurut catatan Sen (2010: 109), kedatangan Islam di Cina merupakan merupakan hasil sampingan dari perdagangan dan ikatan diplomatik Cina-Arab pada masa Dinasti Tang dan Dinasti Song. 

Tidak ada Tidak ada upaya khusus yang dikerahkan oleh para pendakwah dan penguasa Arab. 

Pendapat tersebut tampaknya tidak sepenuhnya benar, mengingat para pengkaji sejarah lainnya menyimpulkan hal yang berbeda. 

Apalagi duta-duta Islam yang pertama di utus Khalifah 'Utsman bin Affan Ra di Madinah, di bawah pimpinan Sa'ad bin Abi Waqqas Ra, sahabat bahkan paman dekat Nabi Muhammad Saw, yang sangat memahami pentingnya syiar Islam. 

Apalagi Khalifah 'Utsman bin Affan Ra, sebagai salah satu dari empat sahabat istimewah Nabi Saw, di samping Abu Bakr Ra, Umar bin Khattab, dan Ali bin Abi Thalib Ra. 

Disebutkan bahwa Tujuan utama di balik terjalinnya hubungan diplomasi kedua pemerintahan tersebut justru untuk memperkenalkan dan mengajak Kaisar Cina waktu itu untuk Islam. 

Kaisar tidak mau memeluk Islam secara baik-baik, tetapi dakwa Islam tetap berlanjut kepada penduduk Cina atas restu dari Kaisar. 

Bersambung..... 

Bebek Tepi Sawah Cilandak  Town Square (Citos) Jalan TB Simatupang Cilandak Jakarta Selatan. Senen - 2 - September - 2024

Abdul Chalim CEO Tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867


×
Berita Terbaru Update