Notification

×

Iklan

Iklan

* 14 (Empat Belas) * Awal Masuknya Islam Ke Cina : Dari Versi Ke Versi*

| September 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-03T05:38:31Z
Tegursapanews.com -  Islam ke Cina: Tidak ada yang tahu pasti perihal kapan dan siapa tokoh muslim yang pertama kali menyiarkan agama Islam ke Cina. 
Tetapi dari berbagai sumber yang berhasil di himpun, terdapat sejumlah versi, yang salah satu diantaranya cukup kuat untuk dipercayai kebenarannya. 

Versi pertama, ajaran Islam sampai di negeri Cina di bawah oleh para sahabat Nabi Saw yang hijrah ke Habasyah (Etiopia). Mereka hijrah untuk menghindari kekejaman kaum musyrikin Quraisy Makkah. 

Para sahabat yang hijrah ke negeri tersebut mendapat perlindungan dari Raja Atsmaha Negus di kota Axum. Sejumlah sahabat yang tidak kembali ke Makkah, kemudian berlayar dan tiba di daratan Cina pada saat Dinasti Sui bérkuasa (681- 618 M). 

Catatan lain menyebutkan bahwa Islam pertama kali tiba di Cina pada tahun 616 M. Sahabat Nabi Saw yang bernama Sa'ad bin Abi Waqqas dan tiga sahabatnya yang berlayar dari Etiopia menuju Cina. 

Setelah beberapa saat di Cina, Sa'ad kembali ke tanah Arab (Makkah atau Madinah), dan 21 tahun kemudian kembali lagi ke Guangzhou (Cina) dengan membawa kitab suci Al-Qur'an. 

Versi kedua, Nabi Muhammad Saw mengantar dan melepas beberapa orang sahabat untuk pergi berdakwah ke Cina. Mereka antara Sa'ad bin Abi Waqqas, Qais bin Abu Hudzaifah, 'Urwah bin Abi 'Uttan, dan Abu Qais bin al-Harits. 

Pristiwa ini terjadi sebelum beliau Hijrah ke Madinah. 

Bersambung..... 

Tomoro Coffee Jalan Cempaka Putih Tengah Jakarta Pusat, Selasa - 3 September - 2024

Abdul Chalim CEO Tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management ( UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update