Notification

×

Iklan

Iklan

16 (Enam Belas) Awal Masuknya Islam Ke Cina: Dari Versi Ke Versi

| September 05, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-05T12:25:29Z
Tegursapanews.com - Islam Masuk ke Cina: Dari catatan Dinasti Tang (618-906 M), di ketahui bahwa cina telah menjalin hubungan diplomatik dengan Khalifah 'Utsman bin Affan RA yang berpusat di Madinah. 

Pada tahun 651 M, utusan Khalifah 'Utsman RA, Saad bin Abi Waqqas, mengunjungi Cina dan di Terima baik oleh Kaisar Yang Wei dari Dinasti Tang. 

Kemudian atas perintah Kaisar, dibangunlah sebuah masjid di beri nama masjid Husisheng atau masjid memorial di kantin, provinsi Guang Zhou. Inilah masjid pertama yang berdiri di daratan Cina. 

Semasa Dinasti Tang, negeri cina telah
 berada di masa ke emasan dan menjadi kosmopolitan budaya sehingga ajaran Islam tersebar dan di kenal masyarakat Tiongkok. 

Disebutkan bahwa Kaisar Dinasti Tang sendiri tampaknya memiliki kemampuan mengenai nabi-nabi Islam dan Kristen sebagaimana yang di tuturkan oleh penjelajah Arab  yang bernama Ibn Wahhab dari Basrah kepada Abu Zaid, sekembalinya ia ke Irak. 

"Ketika di Terima oleh Kaisar (Yizong)," demikian dikatakan oleh Ibnu Wahhab, "Kaisar memerintahkan seorang penerjemah untuk bertanya kepada saya, 'Dapatkah anda mengenali nabi-nabi anda bila melihat gambarnya?' saya akan mencobanya,' jawab saya. 

Kemudian Kaisar memerintahkan untuk mengeluarkan sebuah kotak berisikan gulungan yang di bentangkan dihadapannya, serta berpaling pada penerjemahnya, seraya berkata, 'persilakan ia melihat gambar nabi-nabinya.'

Saya mengenali gambar nabi-nabi itu, dan kuucapkan Islam. 'Mengapa engkau menggerakkan bibirmu?' tanya sang Kaisar. 

'Saya mengucapkan salam untuk mereka', jawab saya. 'Bagaimana anda mengenali mereka?' tanya Kaisar. 

Dengan atribut mereka. sebagai contoh, ini adalah Nuh AS dengan perahunya, yang menyelamatkan ia dan keluarganya ketika Tuhan menenggelamkan dunia ini dengan air bah. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya, Kamis - 5 - September - 2024

Abdul Chalim CEO Tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867

×
Berita Terbaru Update