Notification

×

Iklan

Iklan

21 (Dua Puluh Satu) Rute Perdagangan Dan Penyebaran Islam Ke Cina

| September 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-10T03:57:39Z
Tegursapanews.com - Jalur Sutra: Jalur Sutra adalah sebuah jalur perdagangan yang melalui Asia selatan dan menghubungkan Chang An dengan Antiokia, Suriah, dan beberapa Kota lainnya. Pengaruhnya mencapai Korea dan Jepang. 

Jalur Sutra terbagi menjadi jalur Utara dan Selatan, meluas dari pusat perdagangan Cina Utara dan Cina Selatan. 

Rute Utara melewati Bulgar - Kypchak ke Eropa Timur dan Semenanjung Crimea, dan dari Sana menuju laut Hitam, Laut Marmara, dan Balkan ke Venezia. 

Rute selatan melewati Turkkhistan - Khurasan menuju Mesopotamia dan Anatolia, dan kemudian ke Antiokia di Selatan Anatolia menuju Laut Tengah atau Levant ke Mesir atau Afrika Utara. 

Para sahabat yang penyebar Islam yang menggunakan jalur Sutra tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berdakwah di sepanjang perjalanan. 

Di setiap wilayah yang mereka singgahi, muncul pusat-pusat penempatan umat Islam sehingga pengaruh Islam di kawasan barat Cina berkembang lebih cepat ketimbang di kawasan Timur. 

Bahkan, makam para sahabat penyeruh Islam bisa di temui di kawasan Barat Cina. 

Jalur yang pernah digunakan pelaut Marco Polo dalam pengembaraannya ke negeri Cina di masa pemerintah Kubilai Khan dari Dinasti Yuan (1279-1368) itu, juga telah digunakan oleh para Saudagar dari Timur Tengah untuk menjual barang dagangan mereka. 

Para pedagang Arab membeli bahan-bahan mentah dari masyarakat setempat untuk di jual kembali kepada para pedagang dari Eropa dan India. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya, Selasa - 10 - September - 2024

Abdul Chalim CEO Tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867


×
Berita Terbaru Update