Notification

×

Iklan

Iklan

22 (Dua Puluh Dua) Rute Perdagangan Dan Penyebaran Islam Ke Cina

| September 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-11T04:01:30Z
Tegursapanews.com - Jalur Sutra: Kawasan Cina yang berada di sepanjang Jalur Sutra, seperti Xinjiang, Qinghai, Gansu, dan Ninxia, mendapat pengaruh Arab dan Persia, sebagai bisa di lihat pada kebudayaan masyarakatnya. 

Penduduk yang mendiami wilayah-wilayah tersebut terdiri atas beragam etnis, seperti Hui, Uighur, Kazakh, Dongxiang, Kirgiz, Salat, Tajik, Uzbek, Baoan, dan Tartar. 

Meskipun setiap etnis memiliki budaya yang berlainan, tetapi mereka terikat oleh agama yang sama, yaitu Islam. 

Perkawinan orang-orang muslim dari Timur Tengah dengan kaum wanita setempat yang menyertai proses penyebaran Islam di sana telah meninggalkan jejak genitas secara turun-temurun. 

Hal ini tampak dari raut wajah orang-orang Cina muslim di daerah-daerah tersebut, yang mempunyai kemiripan dengan wajah-wajah orang Arab, Persia, Turki, Uzbekistan, Afghanistan, dan Pakistan, yang berkulo putih kemerahan dan hidung mancung. 

Perkawinan campuran ini telah melahirkan pula orang-orang Cina keturunan yang tidak bermata sipit, bahkan banyak pula yang seperti "bukan orang Cina".

Perkawinan memang merupakan bagian dari sejarah proses penyebaran Islam di Cina, di samping melalui dakwah dan perdangangan. 

Melalui perkawinan, lahir anak-anak muslim yang akan menjadi generasi penerus Islam. 

Tidak hanya di Cina, di tanah Arab, tempat awal mula agama ini di turunkan, proses perkawinan menjadi hal yang biasa dan baik dalam mengislamkan seseorang selama dilakukan secara yang baik dan kehidupan rumah tangga di jalani dengan tanggung jawab. 

Rasulullah Saw menikahi sejumlah wanita yang sebelumnya bukan pemeluk Islam. Sebut saja, misalnya, Juwairiyyah binti al-Hsrits al-Khuza'iyyah dan Safiyyah binti Hutan Akhtab (keduanya pemeluk Yahudi) serta Maria al-Qibtiyyah (perempuan Mesir pemeluk Kristen). 

Pernikahan antar bangsa ini membantu mempercepat perkembangan dan penerimaan Islam di kalangan masyarakat Cina. 

Apalagi ajaran Islam relatif muda di pahami dan dapat di terima akal sehat. Mereka yang mau dan bersungguh-sungguh memikirkan atau mempelajari kebenaran agama ini, pasti akan tersinari oleh cahaya hidayah-Nya. 

Bersambung..... 

Foto: Malaysia Gazette

Kedinding Lor Surabaya, Rabu - 11 - September - 2024

Abdul Chalim CEO Tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867


×
Berita Terbaru Update