Notification

×

Iklan

Iklan

5 (Lima) KH Zainul Arifin Pohan (1909 - 1963) Pahlawan Santri, Bangsawan Dari Barus

| September 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-19T13:45:42Z
Pencetus Sistem RT

tegursapanews.com - Sistem RT: Ketika Jepang masuk ke Indonesia, mereka membutuhkan dukungan pasukan untuk menguatkan militer di kawasan Asia. 

Semula, pemerintah Jepang, melalui Abdul Hamid Nobuharu Ono, meminta agar Kiai Wahid Hasyim mengerahkan santri - santri masuk ke Heiho, sebagai tentara cadangan yang akan di kirim ke Birma dan Kepulauan Pasifik. 

Akan tetapi Kiai Wachid tidak menerima tawaran itu. Untuk menampik permintaan Jepang, Kiai Wachid dengan strategi diplomasinya mengusulkan tawaran cerdas; 

Pertama, latihan kemiliteran yang diberikan kepada Santri lebih baik untuk pertahanan dalam negeri. 

Kiai Wachid merasa bahwa, mempertahankan tanah air negeri sendiri, akan lebih meningkatkan semangat pemuda Santri. 

Kedua, pertempuran yang menghadapi tentara Sekutu, lebih baik dihadapi oleh prajurit Professional, yakni tentara Dari Nippon. 

Sedangkan, jika menggunakan tentara yang tidak Professional akan menyulitkan hanya akan menyulitkan tentara Jepang sendiri. 

Ketiga, jika PETA (Pembela Tanah Air) di tunjukkan untuk pemuda Nasionalis, sudah semestinya ada wadah bagi pemuda santri untuk latihan kemiliteran. 

Sedangkan Hairus salim menambahkan satu alasan diplomatis dari Kiai Wachid Hasyim, terutama mengapa harus ada satu wadah untuk latihan kemiliteran bagi santri, yakni adanya kewajiban berperang untuk mempertahankan agama Alloh (Jihad Fi Sabilillah). 

Bersambung..... 

Pondok Pesantren Alfithrah Surabaya, Kamis - 19 - September - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update