Notification

×

Iklan

Iklan

6 (Enam) KH. Zainul Arifin Pohan (1909-1963) Pahlawan santri, Bangsawan Dari Barus

| September 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-21T01:05:10Z
Pencetus Sistem RT

tegursapanews.com - Pencetus RT: Pada latihan awal, pemuda santri yang tergabung dalam Laskar Hizbullah digembleng oleh kapten Yanagawa, yang juga pelatihan PETA. 

Latihan ini berlangsung di Cibarusah, Jawa Barat. Latihan militer pemuda santri berlangsung selama tiga bulan, yang dipimpin oleh para Sydanco PETA. 

Kemudian, setelah latihan usai, 500 kader ini kemudian kembali ke desa masing-masing, untuk melatih kader pemuda santri di kawasan setempat. 

Salim, mencatat bahwa hingga akhir rezim Jepang di Indonesia, tercatat sekitar tercatat sekitar 50.000 anggota Laskar Hizbullah yang telah mendapatkan latihan militer. 

Latihan perdana Laskar Hizbullah, tanggal 28 Februari 1945, yang dihadiri oleh Gunseikan, para perwira Jepang, pimpinan Pusat Masyumi, Pangreh Raja, dan pejabat terkait diumumkan berapa misi Hizbullah adalah untuk berjuang bersama Dai Nippon, melawan musuh yang Zalim. 

Gunseikan, dalam pidatonya menegaskan bahwa:

"Berhubung dengan nasib asia Timur Raya, maka masa sekarang adalah masa yang amat penting yang belum pernah dialami atau terjadi didalam sejarah. 

Dalam saat yang demikian itu telah bangkit segenap umat Islam di jawa, serta berjanji akan berjuang " luhur bersama dan lebur bersama " dengan bala tentara Dai Nippon. 

Buktinya, ialah pembentukan barisan nusa Islam yang bernama Hizbullah. Dengan demikian lahirkan tujuan untuk menghancurkan musuh yang zalim dan perjuangan dengan segenap jiwa dan raga, maka saya sangat gembira membuka latihan pusat barisan Hizbullah ini... 

Dengan demikian, yang dimaksud oleh pemerintah Jepang bahwa musuh bersama dari bangsa Indonesia dan Jepang, merupakan tentara Sekutu yang berusaha menjajah Asia. 

Jepang merasa sebagai pembebas bangsa Asia, hingga menyebut di sebagai "Saudara Tua" bangsa Asia. 

Oleh Kiai Wahid Hasyim, pelatihan militer dimaksudkan untuk menguatkan barisan santri jika nantinya Indonesia sudah saatnya menjemput kemerdekaan. 

Benar saja, pada 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka, disusul dengan pristiwa demi pristiwa yang membutuhkan konsolidasi dan kekuatan militer, di antaranya pada pristiwa 10 November 1945 di Surabaya. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya, Sabtu - 21 - September - 2024 

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me:
×
Berita Terbaru Update