Notification

×

Iklan

Iklan

Kerajaan Romawi Direkam Dalam Kitab Suci Al-Quran

| September 06, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-07T00:32:36Z

Tegursapanews.com - Vatikan Roma Italia: Sungguh sangat mengharukan kedatangan Paus Fransiskus dari Vatikan Roma Italia ke Indonesia sejak Selasa, 03 September 24 sampai Jumat 06 September. Beliau disambut hangat Presiden Jokowi dan bangsa Indonesia yang 88 persen berstatus muslim.

Jumlah umat Kristen Indonesia lebih banyak dari jumlah umat Katolik di Nusantara. Konon mayoritas umat Katolik berada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Kita faham dalam simbolis tanda salib di dalam gereja, ada perbedaan antara Katolik dan Kristen.



Jika kemarin dalam pelaksanaan acara Misa umat Katolik yang dipimpin langsung Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta berjumlah sebanyak 80.000 orang. Angka tersebut menunjukkan bahwa 0,1 persen dari jumlah umat Katolik Indonesia.

Hal yang luar biasa, ratusan juta umat Katolik di muka bumi dipimpin Paus Fransiskus yang bertahta di negara Vatikan yang luasnya 44 ha di kota Roma Italia. Ada ungkapan Pujangga Katolik yang populer di tengah masyarakat, yang berbunyi "Banyak jalan menuju Roma".

Dalam hal ini bagi umat Islam yang sering tadarus di bulan suci Ramadan. Mereka faham dalam kitab suci al-Quran, bahwa nama besar kerajaan Romawi diabadikan dalam nama Surat ke 30,  Al-Rum yang berisi sebanyak 60 ayat yang disebut dengan Surat Makkiyah.

Ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup di kota Makkah, dikisahkan kalau di sebelah barat terdapat kerajaan besar Romawi dan di sebelah timur kerajaan besar Persia. Namun keduanya tidak pernah menguasai Jazirah Arab yang tanahnya gersang dengan hamparan padang pasir yang disebut gurun Sahara.

Mungkin atas dasar informasi tersebut, lalu muncul opini dari orang barat (Eropa), bahwa status Jazirah Arab adalah Timur Tengah. Selain itu status Baitullah yang disebut Kakbah yang dibangun Nabi Ibrahim AS bersama istrinya Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail AS di kota Makkah adalah pusat bumi. Barokallah Amien.

Jumat, 06 September 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update