Notification

×

Iklan

Iklan

Nama Bahasa Arab Dan Jawa Tertulis Muhammad Soeharto

| September 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-15T12:06:20Z
Tegursapanews.com -  Bahasa Arab dan Jawa: Alkisah pada tahun 2008, kita pernah terbitkan buku setebal 396 halaman yang berjudul "Kebajikan Dan Kebijakan EMHA SHEH HARTO Presiden Seribu Satu Masjid". Buku tersebut kita kirimkan ke Keluarga Cendana Jakarta yang kita cetak 500 eksemplar. Sekarang sudah tersimpan di Perpustakaan Nasional dan di perpustakaan UINSA Surabaya.

Nama Emha Sheh Harto berasal dari nama Jenderal Besar HM Soeharto yang menjabat Presiden Indonesia selama 32 tahun (1966 - 1998), yang kisahnya diawali dari Super Semar Presiden Tn Soekarno dan diakhiri Super Duri yang dilanjutkan Presiden Tn BJ Habibie.

Nama HM. Singkatan dari Haji Muhammad yang banyak dipakai oleh ribuan warga negara Indonesia, seperti Tn HM Rasjidi Menteri Agama Republik Indonesia yang pertama. Nama Muhammad pada umumnya diberikan orang tua kepada putranya yang baru lahir, seperti nama Tn Muhammad Luthfi Anoraga putra kedua Tn Imam Halimi al-Basri di dusun Simpang Agung Merapi Timur Lahat Sumsel, yang lahir pada 09 September 2021.

Nama Muhammad berasal dari Bahasa Arab yang bermakna orang yang terpuji di tengah masyarakat. Banyak nama warga negara yang bermula dari kosa kata Fiil Madhi Hamada yang kemudian berbentuk lain dalam tasrif Bahasa Arab, yaitu Tn Ahmad, Tn Hamid, Tn Hamdan, Tn Hamdun, Tn Hamidin, Tn Mahmud Pn Hamidah, dan Pn Mahmudah termasuk nama ormas Muhammadiyah.

Hal tersebut juga berlaku dalam Bahasa Jawa yang berasal dari kosa kata Harta. Kemudian tertulis dan bunyinya beraneka ragam yang menjadi nama ribuan warga negara Indonesia, antara lain nama Tn Hartoyo, Tn Hartono, Tn Hartawan, Tn Hartawi, Tn Sugiharto selain Tn Suharto, Pn Hartati dan bentuk yang lainnya.

Ketika kosa kata Harta dialihkan ke dalam Bahasa Arab berbunyi kata Maal. Dengan itu kita mengenal istilah dalam budaya Islam yang disebut Sadakah Zakat Maal, Baitul Maal, dan Darul Amwal (Kas Negara). Kemudian muncul nama muslimah Pn Maliana, Pn Meliyati dan Tn Meliyawan. Sebutan pada kata Sugiharto dalam Bahasa Jawa disebut sebagai Miliarder.

Demikian pula pada kosa kata Muhammad ketika diterjemahkan dalam Bahasa Melayu disebut Terpuji. Kita pernah mendengar dan membaca tulisan di media massa tentang nama Syekh Puji, Tn Pujiman, Tn Pujianto dan nama Puji yang lain termasuk nama Pn Susi Pujiastutik Menteri Kelautan dan Perikanan Era Presiden Jokowi dan Pn Pudji Rahmawati Dosen FDK UINSA Surabaya. Barokallah Amien.

Ahad, 15 September 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update