Notification

×

Iklan

Iklan

Status Rasulullah Dan Beberapa Nama Nabi Perempuan

| September 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-15T05:07:05Z
Tegursapanews.com - Rasul Global: Salah satu budaya dalam kehidupan umat beragama di muka bumi, membuat acara perayaan hari kelahiran nabi, seperti budaya umat Kristiani merayakan Hari Natal pada setiap tanggal 25 Desember dan bagi umat Islam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul awal.

Dalam ajaran Islam tercatat nama 25 orang nabi yang diawali dari Nabi Adam AS dan ditutup Nabi Muhammad SAW. Status Nabi Isa al-Masih bin Maryam berada pada urutan yang ke 24. Catatan tersebut berdasarkan pada info dalam kitab suci al-Quran.

Kita pernah mengklasifikasikan status nabi dan rasul yang jumlahnya ratusan ribu orang di muka bumi sepanjang sejarah agama yang bersumber dari langit. Kita sebut sebagai Nabi dan Rasul Lokal seperti Nabi Luth AS, Rasul Nasional seperti Nabi Musa AS, Rasul Regional seperti Nabi Ibrahim AS dan Rasul Global Nabi Muhammad SAW.

Ketika dirumuskan para ulama, bahwa status Nabi adalah hamba yang mendapatkan hidayah dari Allah untuk dirinya sendiri. Atas rumusan tersebut disinggung dalam kitab suci al-Quran tentang Profil Nabi Perempuan, antara lain Siti Maryam ibu kandung Nabi Isa al-Masih, Siti Yukabad Ibu Kandung Nabi Musa AS, Siti Hajar Ibu kandung Nabi Ismail AS, Siti Asiyah Istri Raja Firaun dan nenama perempuan lainnya.

Kemudian terkait dengan status Rasullullah di muka bumi, kita ingat status jenjang karier dan kepangkatan dalam lembaga keamanan nasional, seperti di instansi TNI - POLRI. Pangkat perwira tinggi dengan simbol Bintang Emas disebut Jenderal. Status jenjangnya  disebut dengan Brigjen, Mayjen, Letjen dan Jenderal dengan Pangkat Bintang Empat. Kemudian ada yang meraih Bintang Emas Lima dengan istilah Jenderal Besar, seperti lengket pada nama Tn Sudirman, Tn Abdul Haris Nasution dan Tn Soeharto.

Selanjutnya dalam ajaran Islam dan Kristen ada perbedaan makna tentang istilah Rasul. Status Rasulullah yang disematkan kepada Nabi Isa al-Masih bin Maryam, beliau diutus Allah SWT khusus buat Bani Israil di Tanah Palestina. Istilah Rasul tersebut ada kesamaan dengan Status Duta Negara di luar negeri yang diutus Presiden ke beberapa negara sahabat, seperti Status Duta Indonesia di Palestina.

Dalam agama Kristen terdapat beberapa orang yang disebut Rasul, seperti nama Rasul Paulus murid Nabi Isa al-Masih yang menyusun Kitab Bible pertama kali. Sedangkan dalam Islam status umat Islam yang hidup bersama Nabi Muhammad SAW di kota Makkah dan Madinah disebut Para Sahabat, yaitu Sahabat Muhajirin dan Sahabat Ansor.

Dalam Islam dikenal istilah Khalifah dan Sultan dalam wilayah kerajaan Islam sepanjang sejarah. Status mereka itu sama dengan status Presiden sebagai Kepala Negara. Sedangkan di dalam Kristen Katolik dikenal istilah Pemimpin Tertinggi yang berdomisili di Vatikan Roma Italia yang disebut Paus, seperti Tn Fransiskus sebagai Paus Katolik di Vatikan yang ke 266. Barokallah Amien 

Sabtu, 14 September 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim


Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update