Notification

×

Iklan

Iklan

3 (Tiga) KH. As'ad Syamsul Arifin (1897 - 1990) Mengawal Negara Dari Tapal Kuda(

| Oktober 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-13T13:29:31Z

 Mediator Pendiri NU 


tegursapanews.com - Mediator: Dalam proses pendirian Nahdlatul Ulama, peran Kiai As'ad Syamsul Arifin sangat besar. Hal ini, karena beliaulah yang menjadi mediator antara Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari dan Syaichona Cholil Bangkalan. 


Pada masa menjelang berdirinya NU, Kiai Cholil Bangkalan mengutus Kiai As'ad ke Tebuireng, untuk menemui Kiai Hasyim Asy'ari. 


Pesan Syaichona Cholil kepada Kiai Hasyim Asy'ari berwujud perlambang-perlambang yang menggambarkan konteks dan filosofi di balik pentingnya kesatuan Ulama. 


Kiai As'ad di urus Syaichona Cholil untuk menyampaikan sebuah tasbih dan ucapan surat Thaha (17-23), yang menceritakan mukjizat Nani Musa dan tongkatnya kepada Kiai Hasyim Asy'ari. 


Kemudian, peristiwa ini terulang kembali, ketika Syaichona Cholil mengirim Kiai As'ad ke Tebu Ireng, untuk menyampaikan pesan berupa wirid  " Ya Jabbar Ya Qahhar."


Pesan Simbolik berupa tasbih, surat Thaha dan wirid-wirid tersebut, mengandung maksud bahwa Syaichona Cholil merestui pendirian Nahdlatul Ulama dan Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari menjadi pemimpin spritual Ulama Nusantara. 


Peran penting Kiai As'ad, menjadikan beliau sering disebut sebagai mediator berdirinya Nahdlatul Ulama. 


Bersambung.... 


Kedinding Lor Surabaya, Ahad - 13 - Oktober - 2024


Abdul Chalim CEO tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C


U I P M

×
Berita Terbaru Update