Notification

×

Iklan

Iklan

40 (Empat Puluh) Kehadiran Islam Di Antara Agama - Agama Lain Di Cina

| Oktober 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-10T13:07:40Z

Identifikasi Islam



tegursapanews.com - Identifikasi: Pada masa awal masuknya Islam di Cina, agama ini dikenal sebagai agama Hui, penyebutan tersebut menyatu pada etnis Cina pemeluk mayoritas Islam di sana, yakni suku Hui di provinsi Guangzhou. 


Setelah Hui, komunitas Islam terbesar di Cina adalah Uighur dan Kazakh. Masing-masing memiliki identitas tersendiri sebagai masyarakat komunitas Islam besar, khususnya di kawasan Barat laut Cina. 


Mengidentifikasi Isalam sebagai Agama Hui bukan hal yang tepat, mengingat agama Islam di peruntukkan untuk semua manusia lintas Suku, etnis, bangsa, negara, bahkan Benua. 


Upaya meluruskan kekeliruan identifikasi perlu dilakukan demi terwujudnya pemahaman agama Islam secara benar, yaitu sebagai Rahma bagi seluruh alam. 


Identifikasi lain yang di fahami orang-orang Cina terhadap Islam adalah dengan mengenal Islam sebagai " Yesi lan Jiao," Yang berarti agama yang murni. 


Penyebutan ini sudah tepat apabila kemurnian yang dimaksud dalam Islam adalah kemurnian dari sesembahan terhadap Tuhan selain Allah Swt, satu-satunya Tuhan segenap alam yang menciptakan dunia beserta isinya serta berkuasa atas semua ciptaan-Nya. 


Singkatnya, Islam sebagai agama yang murni, terbatas dari bentuk sesembahan selain kepada yang Esa Allah Swt. 


Bersambung..... 


Foto: PadmaMedia


Kedinding Lor Surabaya, Kamis - 10 - Oktober - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C



U I P M


×
Berita Terbaru Update