Notification

×

Iklan

Iklan

42 (Empat Puluh Dua) Kehadiran Islam Diantara Agama-Agama Lain Di Cina

| Oktober 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-14T11:37:31Z

 Islsm: Agama yang Mencerahkan



tegursapanews.com - mencerahkan: Islam, sebagai Agama baru, membawa ajaran baru dan memperkenalkan tradisi baru terhadap orang-orang Cina Ketika utusan Khalifah tiba di Istana Kerajaan Dinasti Tang, mereka tidak melakukan tradisi penyembahan dihadapan kaisar karena seorang muslim dilarang melakukan penyembahan terhadap manusia. 


Kaisar dan para pejabat Kerajaan sempat mempertanyakan keengganan para utusan pemerintahan Islam itu untuk melakukan penyembahan terhadap Kaisar sebagai wujud penghormatan dan penuliaan, sebagaimana biasa dilakukan oleh pejabat dan rakyat Cina terhadap kaisarnya. 


Para utusan itupun menjelaskan bahwa Islam melarang tradisi penyembahan semacam itu terhadap manusia sekalipun hanya dimaksudkan untuk menghormati atau memuliakan. 


Aturan ini seolah-olah menohok suatu tradisi yang dianggap sakral dan sensitif karena menyentuh langsung pada "keharusan" Rakyat atau bawahan terhadap kaisarnya. 


Karena keterjesanan dengan ajaran Islam, tampaknya sang Kaisar bisa memahami dan menunjukkan toleransinya. 


Bagi orang-orang Cina yang terbiasa melakukan sembah sujud kepada Kaisar atau pejabat tinggi, etika Islam yang tidak membenarkan cara seperti itu tampaknya menjadi suatu pemahaman yang baru. 


Apalagi jika dikaitkan dengan keyakinan bahwa hanya penguasa tunggal, yang menguasai langit dan bumi serta segala alam dan seluruh makhluk, yang patut mendapat perlakuan demikian. 


Walaupun begitu, Islam memiliki cara tersendiri yang jauh lebih baik dan tulus dalam menghormati dan memuliakan pemimpin. 


Bersambung..... 


Kedinding Lor Surabaya, Senen - 14 - Oktober - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C


U I P M

×
Berita Terbaru Update