Notification

×

Iklan

Iklan

Klien Seumur Hidup

| Oktober 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-12T08:27:20Z


Oleh: Yusdi Lastutiyanto*


"Always remember to tell your self positive things daily!" Influence your self with positive affirmation, so the world will feel your energy"_

-Anonim


tegursapanews.com - Klien: Sebagai seorang trainer hipnosis, saya sering kali dihadapkan pada pertanyaan sederhana dari rekan-rekan maupun para alumni Indonesian Hypnosis Centre, "Siapa klien pertama yang harus dihipnoterapi?" Jawaban saya selalu sama, yaitu diri sendiri. Dalam setiap sesi terapi, saya bertemu dengan berbagai klien yang memiliki masalah beragam, mulai dari kecemasan, masalah percintaan, masalah keluarga, masalah finansial, psikosomatis hingga trauma mendalam. Namun, dari semua klien yang pernah saya tangani, ada satu klien yang tidak pernah absen untuk saya hipnoterapi, yaitu diri saya sendiri.


Sebagai mahkluk berpikir dan sosial, kita semua pernah dan akan selalu menghadapi berbagai tekanan hidup, emosi, dan stres yang sama seperti klien kita. Oleh karena itu sebelum bisa membantu orang lain keluar dari masalah emosional, saya harus memastikan bahwa diri saya cukup mampu untuk membantu mereka. Sebab jika sebagai individu kita mampu mensugesti diri sendiri bahwa kita dalam keadaan mental yang sehat, maka energi yang kita miliki dapat berdampak pada klien.


Dalam dunia hipnosis ada istilah _Hypnosis inside out_, yang artinya hipnotis ke dalam lalu keluar, maksudnya adalah saat kita mau menghipnotis orang lain, maka yang perlu dipengaruhi adalah pikiran kita sendiri dulu, sebab setelah diri kita berdaya, maka kita akan lebih mudah mempengaruhi orang lain.


Seiring perjalanan saya sebagai hipnoterapis, saya menyadari bahwa klien tidak hanya terbatas pada mereka yang datang ke ruang terapi, tetapi juga orang-orang terdekat, anak saya yang cemas sebelum ujian, pasangan, keluarga besar dan teman-teman terdekat. Semua ini mengajarkan bahwa kekuatan sejati dimulai dari dalam diri. Ketika kita berdaya, kita mampu mengalirkan kekuatan tersebut kepada mereka yang kita cintai.


Menjadi seorang hipnoterapis bukan hanya soal teknik atau teori. Ini tentang membangun kekuatan dari dalam dan menyalurkannya kepada orang lain. Setiap kali saya menggunakan hipnosis untuk diri sendiri, saya mengingatkan diri bahwa sebelum membantu orang lain, saya harus berada dalam kondisi terbaik mental, emosional, dan fisik.


Berikut adalah tips Menggunakan Hipnosis untuk Diri Sendiri.


1. Tetapkan Niat dan Tujuan yang Jelas

   Pastikan Anda memiliki tujuan spesifik sebelum memulai sesi hipnosis mandiri. Apakah Anda ingin meredakan stres, meningkatkan kepercayaan diri, atau mengatasi kebiasaan buruk? Dengan niat yang jelas, fokus Anda akan lebih terarah.


2. Cari Tempat yang Tenang

   Sesi hipnosis membutuhkan suasana yang nyaman dan bebas dari gangguan. Pastikan Anda memilih tempat yang tenang untuk memudahkan proses relaksasi.


3. Gunakan Teknik Relaksasi Awal

   Sebelum memasuki fase hipnosis yang lebih dalam, lakukan teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam atau menghitung mundur. Ini membantu menenangkan pikiran dan tubuh, mempersiapkan Anda untuk memasuki kondisi hipnosis.


4. Visualisasi Positif

   Bayangkan diri Anda berada di tempat yang damai dan nyaman selama sesi. Visualisasi ini akan membantu memperdalam efek sugesti dan menciptakan perasaan tenang.


5. Berikan Sugesti yang Spesifik

   Sugesti yang diberikan harus singkat, spesifik, dan diucapkan dengan keyakinan. Misalnya, jika tujuan Anda adalah mengurangi stres, berikan sugesti seperti, "Setiap hari saya merasa lebih tenang dan rileks." Ulangi beberapa kali untuk memperkuat pesan ke alam bawah sadar.


6. Rekonstruksi Emosi Negatif

   Jika muncul emosi negatif selama sesi, gunakan kesempatan ini untuk meredam atau menggantinya dengan perasaan yang lebih positif, seperti tenang atau percaya diri.


7. Akhiri dengan Positif

   Akhiri sesi dengan perlahan dan pastikan Anda merasa segar. Akhiri dengan afirmasi positif bahwa Anda telah melakukan hal yang baik untuk keseimbangan mental Anda.


Dengan menggunakan hipnosis untuk diri sendiri, Anda bisa menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional. Seorang hipnoterapis yang kuat dari dalam, mampu memberikan perubahan positif bagi kliennya. 


Dari tulisan ini kita bisa belajar bahwa saat mempelajari hipnosis ilmu itu akan melekat pada diri kita, tapi akan bermanfaat atau tidak tentu kembali pada diri kita sebagai praktisi. Pelajaran berharganya adalah bahwa kita akan menjadi klien seumur hidup dari ilmu hipnosis yang kita telah pelajari.


Semoga bermanfaat dan Terima kasih 


Jakarta, 11 Oktober 2024


*Instructor NLP Lisensi IHC & LOA



Editor: Abdul Chalim







×
Berita Terbaru Update